Hubungan antara Self Efficacy dan Stres Akademik dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa

Ananda, Gita (2020) Hubungan antara Self Efficacy dan Stres Akademik dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_519_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_519_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/258841

Abstract

Prestasi akademik merupakan suatu hasil belajar yang diperoleh oleh seseorang yang sedang menjalankan kegiatatan akademiknya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terdapat faktor internal dan eksternal, faktor internal tersebut meliputi kesehatan inteligensi, sikap individu, minat bakat, motivasi, self- efficacy, dan stres akademik. Pada faktor eksternal dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosial dan non-sosial. Berdasarkan pada wawancara awal yang dilakukan pada mahasiswa, terlihat bahwa dalam menghadapi kegiatan akademiknya mahasiswa merasa bahwa terdapat beban yang membuat mereka merasa tertekan serta rasa percaya diri akan kemampuan diri mereka dalam menghadapi perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada hubungan antara sellf-efficacy dan stres akademik terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Self-efficacy Scale yang diadaptasi dari Dullas (2018), Educational Stress Scale for Adolescents yang diadaptasi dari Truc, Loan, Nguyen, Dixon, Sun, & Dunne (2015). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 172 orang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya semester 3 dan 5. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji non parametrik yaitu Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi antara self-efficacy dengan prestasi akademik (r = -0,114 , p > 0,05). Selain itu terdapat korelasi antara stres akademik dengan prestasi akademik (r = -0,190 , p < 0,05). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa keyakinan mahasiswa terhadap kemampuan dirinya tidak berhubungan terhadap prestasi akademik namun tekanan dan beban akademik yang membuat stres mahasiswa berhubungan terhadap prestasi akademik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Prestasi akademik, Self-efficacy, Stres akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:50
Last Modified: 19 Oct 2020 03:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/38215

Actions (login required)

View Item View Item