Hubungan antara Self Efficacy dan Burnout pada Guru

Palupi, Varina Citra (2021) Hubungan antara Self Efficacy dan Burnout pada Guru. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_943_Abstrak.pdf] PDF
K_943_Abstrak.pdf

Download (72kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261432

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam prestasi dan perkembangan siswa sehingga guru diharuskan untuk memiliki kinerja yang baik dalam proses pembelajaran. Selain itu guru memiliki berbagai tugas yang sangat berat sehingga tuntutan tersebut dapat menyebabkan guru rentan mengalami burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-efficacy dengan burnout pada guru. Subjek penelitian (N=107) adalah guru di dua SMK Bondowoso dengan minimal masa mengajar 5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Maslach Burnout Inventory (Maslach Jackson, 1981) dan Teacher Sense of Efficacy Scale (Tschannen-Moran Woolfolk, 2001). Hasil analisis menggunakan nilai Spearman yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (p0.05) antara self-efficacy dan burnout dengan r = -0.398. Ketiga aspek self-efficacy memiliki nilai yang signifikan namun pada aspek teacher efficacy for classrom management memiliki kontribusi yang paling tinggi dengan burnout (r = -0.406). Tingkat burnout yang ada di dua SMK memiliki nilai yang sangat rendah dan memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi. Tingkat self-efficacy memiliki keterikatan dengan rendahnya tingkat burnout pada guru di SMK Bondowoso.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Burnout, Pandemic, Self-efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:27
Last Modified: 21 Jun 2021 06:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39727

Actions (login required)

View Item View Item