Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Muhammad, Rifki (2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_1140_Abstrak.pdf] PDF
P_1140_Abstrak.pdf

Download (100kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261892

Abstract

Pandemi covid-19 ini menyebabkan berbagai permasalahan, tak terkecuali bagi mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki resiliensi yang tinggi, akan dapat mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi. Resiliensi adalah kemampuan untuk menghadapi tantangan. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi adalah kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan resiliensi pada mahasiswa selama pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survei yang dilakukan pada 207 mahasiswa di Indonesia. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dua buah skala, yaitu skala kecerdasan emosional (24 item, α=0,744) dan skala resiliensi (29 item, α=0,774). Pengumpulan data dilakukan secara online. Analisis data menggunakan Pearson Correlation. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, menunjukkan adanya korelasi positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan resiliensi (r = 0,699 dan p < 0,001) pada mahasiswa selama pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif kecerdasan emosi dengan resiliensi pada penelitian ini sebesar 48.7%. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk dapat memasukkan variabel lain yang berpengaruh terhadap resiliensi seperti kecerdasan, coping strategy, dan locus of control.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Kecerdasan Emosi, Mahasiswa, Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 30 Aug 2021 09:08
Last Modified: 30 Aug 2021 09:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40125

Actions (login required)

View Item View Item