Mariska, Shely (2021) Pembuatan Buku Cerita Anak tentang Pengenalan Tokoh Wayang Punakawan Berbasis Augmented Reality. [Undergraduate thesis]
PDF
MMD_431_Abstrak.pdf Download (204kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya, salah satu budaya Indonesia yang terkenal yaitu pewayangan. Pengenalan tokoh wayang sejak dini merupakan hal yang perlu dilakukan melihat wayang salah satu kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan. Namun seiring perkembangan zaman, minat anak terhadap kesenian wayang mulai berkurang. Punakawan sendiri ialah tokoh wayang yang sering diandalkan untuk mencairkan suasana pada pementasan wayang karena sifatnya yang ceria dan jenaka. Punakawan terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan juga Bagong. Selain itu punakawan merupakan wayang yang hanya terdapat di Indonesia. Maka dari itu diperlukan media pengenalan karakteristik tokoh wayang punakawan dengan membuat buku cerita menarik dilengkapi fitur Augmented Reality yang dapat memperkenalkan tokoh wayang punakawan secara 3 dimensi dengan cara yang menarik dan terkesan nyata. Cerita yang digunakan berisi kisah para punakawan yang memberikan nilai - nilai kehidupan dengan ciri khas karakteristik sifat positif dari setiap karakter sehingga dapat menjadi model pendidikan karakter pada anak. Berdasarkan hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa buku cerita telah berhasil mengenalkan dan menambah pengetahuan tokoh wayang punakawan kepada anak - anak.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Punakawan, Kebudayaan, Buku Cerita, Augmented Reality |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 07:44 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 07:44 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40261 |
Actions (login required)
View Item |