Pembuatan Board Game Explore Ubaya sebagai Media Pengenalan Mengenai Universitas Surabaya

Layadi, Brigitta Felicia (2021) Pembuatan Board Game Explore Ubaya sebagai Media Pengenalan Mengenai Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_433_Abstrak.pdf] PDF
MMD_433_Abstrak.pdf

Download (81kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262096

Abstract

Pada tahun ajaran baru, Universitas Surabaya mengadakan kegiatan bernama MOB (Masa Orientasi Bersama). Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan Universitas Surabaya kepada mahasiswa baru. Namun, dikarenakan penyampaian materi kepada mahasiswa baru yang hanya menjelaskan melalui media power point, menyebabkan mahasiswa tidak memahami materi dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran board game agar mahasiswa mudah memahami materi. Pemilihan board game sebagai media pembelajaran karena memiliki manfaat dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan keterampilan, seperti komunikasi, berpikir, memecahkan masalah dengan cara yang menyenangkan, dan memberikan manfaat dalam bidang edukasi sebagai penunjang media pembelajaran bagi semua orang. Selain itu, permainan board game menarik dan cukup popular. Jordi (2017) menjelaskan bahwa board game merupakan menjelaskan bahwa board game merupakan permainan non-elektronik yang menggunakan media board sebagai komponen utamanya. Board game ini dibuat dengan menggunakan metode A.G.E. Framework. Menurut Dillon (2012) metode A.G.E. framework pada umumnya digunakan pada pembuatan board game. Diharapkan dengan menggunakan metode A.G.E. Framework, pembuatan board game dapat lebih mudah. Selain itu, board game ini juga memiliki companion app yang digunakan untuk mengecek jawaban. Adapun materi pada board game ini berupa informasi mengenai unit mata kuliah umum, unit matematika dan ilmu pengetahuan alam, unit perpustakaan, unit direktorat pengembangan kemahasiswaan, unit direktorat keuangan, pusat studi hak asasi manusia, pusat studi lingkungan, pusat studi energi terbarukan, pusat bisnis dan industri, pusat informasi obat dan layanan kefarmasian, pusat studi inovasi industri dan kewirausahaan, ubaya learning centre. Berdasarkan hasil uji coba terhadap 11 responden mahasiswa Universitas Surabaya angkatan 20, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semakin banyak mengetahui informasi-informasi mengenai Universitas Surabaya dengan metode pembelajaran melalui permainan board game.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Board Game, Explore Ubaya, Teknik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:39
Last Modified: 13 Sep 2021 02:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40283

Actions (login required)

View Item View Item