Pengendali PID Serial untuk Jarak antar Kendaraan

Indrawati, Veronica (2021) Pengendali PID Serial untuk Jarak antar Kendaraan. In: Seminar Nasional Sistem Instrumentasi dan Kontrol 2021, 25-27 Agustus 2021, ITB Bandung.

[thumbnail of Proceedings SIK 2021.pdf] PDF
Proceedings SIK 2021.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of ISSN Prosiding.pdf] PDF
ISSN Prosiding.pdf

Download (73kB)

Abstract

Makalah ini menyajikan kontrol PID serial yang digunakan untuk menjaga jarak antara kendaraan yang berjalan dalam formasi peleton satu dimensi sesuai dengan konsep sistem multi-agen. Karena tidak semua kendaraan dilengkapi dengan alat komunikasi antar kendaraan, maka sistem kendali peleton yang diusulkan memanfaatkan perangkat elektronik berupa sensor jarak dan kecepatan yang ada pada kendaraan untuk membantu menjaga jarak antar kendaraan tetap konstan. Di awal akan dibahas kontrol posisi dan kecepatan untuk satu kendaraan, model sistem dianalisis untuk mendapatkan parameter kontroler PID. Pembahasan selanjutnya tentang sistem peleton pada beberapa kendaraan menggunakan PID serial sebagai pengontrol dan menganalisis parameter pengontrol untuk keseluruhan sistem. Terakhir, dilakukan simulasi untuk memverifikasi desain pengontrol yang telah diperoleh. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kontroler PID serial cocok untuk masalah jarak antar kendaraan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kendaraan homogen, jarak antar kendaraan, sistem peleton, PID serial, perilaku dinamik kendaraan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Veronica Indrawati 6142
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:41
Last Modified: 31 May 2022 05:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40602

Actions (login required)

View Item View Item