Pembuatan Aplikasi Permainan Tangram

Gondowardoyo, Erita Monika (2003) Pembuatan Aplikasi Permainan Tangram. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_381_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_381_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233421

Abstract

Permainan tangram adalah permainan menyusun tujuh buah kepingan tangram sehingga dapat membentuk sebuah objek. Pada permainan tangram secara manual dibutuhkan buku dan alat permainan.Buku tangram berisi contoh objek yang dapat dibentuk dan cara penyelesaian untuk membentuk masing masing objek. Alat permainan tangram berupa tujuh buah kepingan geometris yang terbuat dari plastik, kayu, atau logam. Ketujuh kepingan tangram terdiri dari dua buah segitiga siku-siku berukuran besar, dua buah segitiga siku-siku berukuran kecil, satu buah segitiga sama kaki berukuran sedang, satu buah jajaran genjang, dan satu buah bujur sangkar. Ketujuh kepingan tangram bila disusun dapat membentuk sebuah bujur sangkar berukuran besar atau dua buah bujur sangkar kecil dengan ukuran sama. Objek yang dibentuk harus menggunakan semua kepingan. Agar dapat bermain tangram tanpa menggunakan buku dan alat permainan, maka dibuat aplikasi permainan tangram. Pada aplikasi permainan tangram , pemain dapat membentuk objek dan menyimpannya Objek tersebut akan digunakan sebagai soal pada saat bermain tangram. Jadi pada saat bermain tangram, pemain harus menyusun ketujuh kepingan tangram agar dapat membentuk objek yang sudah ditentukan sebagai soal. Apabila permainan belum selesai, pemain dapat menyimpan permainan dan dapat dilanjutkan kembali suatu saat. Jika pada saat bermain tangram pemain mengalami kesulitan dalam membentuk sebuah objek, pemain dapat melihat cara penyelesaiannya. masing masing objek ada cara penyelesaiannya Objek yang ada juga dapat dihapus, dengan ketentuan objek tersebut tidak digunakan sebagai soal pada permainan yang belum selesai. Dengan adanya aplikasi permainan tangram, maka pemain tidak membutuhkan buku dan alat permainan tangram. Fasilitas bantuan yang ada pada aplikasi menggunakan teks, sehingga aplikasi dapat dikembangkan dengan menggunakan fasilitas bantuan menggunakan suara Juga dapat ditambahkan fasilitas yang dapat memberi panduan kepada pemain saat mengalami kesulitan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 08 Jan 2014 03:33
Last Modified: 01 Jul 2014 03:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4191

Actions (login required)

View Item View Item