Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mobil Ravito Pro

Pramudhani, Ravito Zakaria and Murhadi, Werner Ria (2022) Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mobil Ravito Pro. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2). ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097 (online) (Submitted)

[thumbnail of Jurnal Tesis_Ravito Zakaria Pramudhani_134119503.pdf] PDF
Jurnal Tesis_Ravito Zakaria Pramudhani_134119503.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of LOA Ravito Zakaria Pramudhani.pdf] PDF
LOA Ravito Zakaria Pramudhani.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas layanan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan adanya fenomena pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan service yang dilakukan oleh bengkel. Penelitian ini dilakukan di bengkel mobil Ravito Pro yang berlokasi di Jl. Raya Aloha 4 Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berusia diatas 17 tahun, sudah pernah melakukan service minimal satu kali dan merupakan pemilik kendaraan yang membawa kendaraannya sendiri untuk melakukan service di bengkel Ravito Pro. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diisi oleh responden. Pengumpulan data menggunakan Teknik purposive sampling sehingga diperoleh 100 responden yang pernah menggunakan jasa bengkel mobil Ravito Pro. Dalam penelitian ini pengolahan data menggunakan Structural Equation Model - Parsial Least Square (SEM - PLS) menggunakan Smart-PLS 3.0. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas layanan, dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kepercayaan, kualitas layanan dan nilai pelanggan makan akan semakin tinggi pula kepuasan pelanggan. Saran dari penelitian ini adalah agar bengkel mobil Ravito Pro semakin memaksimalkan kualitas pelayanan, memaksimalkan kinerja karyawan sehingga dapat memberikan hasil service yang memuaskan para pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan pelanggan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: RAVITO ZAKARIA PRAMUDHANI
Date Deposited: 09 Aug 2022 05:20
Last Modified: 09 Aug 2022 05:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42294

Actions (login required)

View Item View Item