Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai Transaksi E-Commerce di Indonesia

Lim, Setiadi Alim and Indrawati, Lilik (2016) Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai Transaksi E-Commerce di Indonesia. BIP's Jurnal Bisnis Perspektif, 8 (1). pp. 36-57. ISSN 1979-4932

[thumbnail of SETIADI-LILIK-JURNAL-BIPS-VOL-8-NO-1-JANUARI-2016.pdf] PDF
SETIADI-LILIK-JURNAL-BIPS-VOL-8-NO-1-JANUARI-2016.pdf

Download (378kB)
Official URL / DOI: https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/BIP/article/vi...

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada akhir abad ke-20, khususnya teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan perubahan pada berbagai bidang kehidupan, termasuk kehidupan bisnis. Salah satu manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi pada dunia bisnis adalah dukungan terlaksananya transaksi binis yang dilakukan secara online atau biasa disebut e-commerce (electronic commerce) melalui pemanfaatan jaringan internet. Transaksi e-commerce ini berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Mengingat besarnya potensi penerimaan pajak dari sektor ini, maka pemerintah di seluruh dunia harus memberikan perhatian yang besar terhadap pengenaan pajak atas transaksi e-commerce ini, termasuk pengenaan Pajak Pertambahan Nilai. Di Indonesia pengenaan pajak terhadap transaksi e-commerce ini telah diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Nomor SE-62/PJ/2013 tanggal 27 Desember 2013. Namun apa yang diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Nomor SE- 62/PJ/2013 tanggal 27 Desember 2013 ini dirasa masih belum cukup untuk mengatur semua hal yang berhubungan dengan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai untuk transaksi e-commerce. Oleh karena itu perlu disusun serangkaian peraturan yang lebih komprehensif untuk mengatur pengenaan Pajak Pertambahan Nilai untuk transaksi e-commerce.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: internet, online, offline, electronic commerce, digital product, business to business, business to consumer, cross border.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Polytechnic > Diploma in Tax Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 07 Apr 2023 21:44
Last Modified: 09 May 2023 09:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43816

Actions (login required)

View Item View Item