Santoso, Greta (2023) Dinamika Prestasi Akademik Mahasiswa Terhadap Empat Metode Pembelajaran. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_621_Abstrak.pdf Download (155kB) |
Abstract
Prestasi akademik merupakan suatu hasil pencapaian individu dari usaha belajar, berupa angka dan telah ditempuh secara optimal. Prestasi akademik dapat menjadi tolok ukur kesuksesan belajar pada mahasiswa. Salah satu hal yang memengaruhi prestasi akademik yaitu penggunaan metode belajar yang sesuai dengan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fluktuasi prestasi akademik berdasarkan metode pembelajaran yang dialami pada mahasiswa Fakultas Industri Kreatif angkatan 2019 dengan jumlah 69 mahasiswa yang tidak pernah mengalami berhenti studi sementara (BSS). Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif longitudinal study yang meneliti perkembangan subjek dari waktu ke waktu. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi dengan normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan paired samples t-test menggunakan media IBM SPSS Statistics 21 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil analisis penelitian ini ditemukan adanya perbedaan rata-rata IPS yang signifikan antar metode pembelajaran. Terkecuali pada perbandingan metode pembelajaran blended dengan online blended dengan hybrid, dan online dengan hybrid. Secara keseluruhan, metode pembelajaran yang memiliki rata-rata IPS tertinggi saat penggunaan metode hybrid. Maka untuk mencapai pendidikan yang lebih baik diusulkan kepada mahasiswa untuk semakin berani mengandalkan teknologi agar mencapai kebebasan dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Akademik, Metode Pembelajaran, Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 08:19 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44599 |
Actions (login required)
View Item |