Efektivitas Pembelajaran Berbasis Studi Kasus Untuk Membentuk Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) “Studi Kasus Di PTS X Surabaya”

Sugiarti, Yenny and Tresna Santhi, Ni Luh Putu (2023) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Studi Kasus Untuk Membentuk Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) “Studi Kasus Di PTS X Surabaya”. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11 (2). pp. 136-147. ISSN 2337-6457; E-ISSN 2722-7502

[thumbnail of 51841-Article Text-121087-1-10-20230806.pdf] PDF
51841-Article Text-121087-1-10-20230806.pdf

Download (280kB)
Official URL / DOI: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/articl...

Abstract

Pendidikan tentang CSR akan membentuk pemahaman danpersepsi mahasiswa tentang CSR, sehingga pendidikan tinggi khususnya jurusan akuntansi harus menentukan metode pembalajaran yang tepat sehingga mahasiswa paham dan memiliki persepsi yang positif tentang CSR.Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui efektivitasmetode case basedlearninguntuk membentuk persepsi positif tentang CSR bagi mahasiswa akuntansi disaat pembelajaran online dilaksanakan di saat pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di jurusan akuntansi PTS X di Surabaya. Penelitian ini menggunakan mixed methodantara analisis kualitatif yang didapatkan melalui wawancara, analisis dokumen dan observasi dandiperkuat dengan hasil statistik deskriptifyang datanya diperoleh melalui penyebaran kuisioner pada 67 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis studi kasus yang digunakan saat pembelajaran online masih efektif untuk membentuk persepsi positif mahasiswa akuntansi tentang CSR. Mahasiswaakuntansimemiliki pemahaman yang baik terhadap tanggung jawab yang harus dilakukan oleh perusahaantidak hanya tanggung jawab ekonomi namun juga tanggung jawab legal, tanggung jawab etis,stewardship principle, company employee-relationship, serta tanggung jawab sosial.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa berpresepsi bahwa CSR bermanfaat bagi perusahaan.Penelitian ini dilakukan dengan one shot studydan tidakmengukur perbedaan antara sebelum dan sesudah menerima pembelajaran tentang CSR. Penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan secara longitudinal modelatau cross sectionalmodel sehingga dapat mengukur perpedaan persepsi antara sebelum dan sesudah menerima pembelajaran CSR

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibilit; persepsi mahasiswa; studi kasus
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: YENNY SUGIARTI, S.E., M.Ak., QIA - 202003- 31117
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:48
Last Modified: 11 Aug 2023 01:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44703

Actions (login required)

View Item View Item