Pembuatan Game dengan Gaya JRPG untuk menunjukkan Representasi Daerah Tradisional Indonesia kepada Generasi Muda

Novandyanta, Evan (2024) Pembuatan Game dengan Gaya JRPG untuk menunjukkan Representasi Daerah Tradisional Indonesia kepada Generasi Muda. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_522_Abstrak.pdf] PDF
MMD_522_Abstrak.pdf

Download (186kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/273031

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, banyak nilai budaya tradisional yang mulai tertinggal oleh masyarakat yang lahir pada generasi baru karena kurang sejalan dengan budaya modern yang sedang berlangsung. Nilai budaya tersebut yang mulai terlupakan tersebut menyebabkan hilangnya identitas negara Indonesia yang didasarkan akan kayanya nilai-nilai budaya ini.Untuk karena itu perlu dilakukannya upaya untuk ditunjukkannya budaya yang mulai terlupakan tersebut dengan cara yang lebih modern dan baru yang dapat menarik perhatian generasi baru untuk mengingat identitas nasional mereka dan bangga akan identitas tersebut. Akan dari itu akan dilakukan pembuatan game dengan menggunakan gaya JRPG untuk menunjukkan representasi daerah tradisional Indonesia kepada anak muda. Dengan menggunakan JRPG sebagai metode presentasi budaya daerah Indonesia, game dibuat dengan teori game design dan menggunakan desain visual yang akan menarik perhatian pemain. Game balancing telah dilakukan untuk membuat pemain tetap ingin melanjutkan untuk bermain dan menemukan lebih banyak pengetahuan budaya daerah. Diadakan juga survey untuk menguji apakah pemain berpendapat bahwa gaya pembuatan game sudah cukup menarik dan apa game telah memberikan pengetahuan mengenai budaya daerah Indonesia. Dilakukan survey pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan pemain sebelum dan sesudah permainan, dan dilakukan survey menggunakan skala Likert untuk mencari tahu apakah pendapat pemain mengenai implementasi JRPG serta gaya gambar anime di dalam permainan. Dari survey pengetahuan budaya ditemukan juga bahwa responden mengalami peningkatan sekitar dua kali lipat pada nilai kuesioner sebelum dan sesudah game. Hal ini menunjukkan bahwa game dapat meningkatkan pengetahuan pemain akan nilai budaya serta gaya desain dan elemen JRPG mampu meningkatkan ketertarikan responden terhadap game yang mengangkat nilai budaya Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Budaya tradisional, JRPG, Generasi baru, Desain visual
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Multimedia
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:30
Last Modified: 17 Oct 2024 07:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47302

Actions (login required)

View Item View Item