Evaluasi Pengaruh Musik pada Mahasiswa Untuk Mendukung Kondisi Belajar Optimal

Meitha, Rosita (2006) Evaluasi Pengaruh Musik pada Mahasiswa Untuk Mendukung Kondisi Belajar Optimal. In: Prosiding Seminar Nasional Ergonomi - K3, 29-23 Juli 2006. PT. Guna Widya, Surabaya, A22-1. ISBN 979-545-040-9

[thumbnail of Meitha_Evaluasi Pengaruh_Abstracts_2006.pdf]
Preview
PDF
Meitha_Evaluasi Pengaruh_Abstracts_2006.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of Meitha_Evaluasi Pengaruh_2006.pdf] PDF
Meitha_Evaluasi Pengaruh_2006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of Meitha_Evaluasi Pengaruh_References_2006.pdf]
Preview
PDF
Meitha_Evaluasi Pengaruh_References_2006.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Musik mempengaruhi kondisi fisiologis serta psikologis seseorang [2]. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk perbaikan lingkungan di ruang kuliah yang diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk bertahan pada kondisi belajar optimal. Kondisi belajar optimal adalah kondisi dimana tubuh mahasiswa relax tetapi reseptif dimana denyut jantung berkisar antara 60-80/menit (Schuster & Gritton. 1986). Selain itu kondisi belajar optimal ditentukan oleh kombinasi antara pikiran. perasaan, dan postur ketika belajar [3]. Penelitian ini dilakukan pada suatu mata kuliah yang diikuti oleh 46 mahasiswa dan didapatkan prosentase gaya belajar mahasiswa yaitu 60.87% mahasiswa dengan gaya belajar visual, 19.56% gaya belajar auditorial dan 19.56% gaya belajar kinestetik. Selain trend denyut jantung, juga diamati perilaku mahasiswa sebagai aspek pendukung kondisi belajar optimal, yaitu kemauan bertanya/berbicara pada dosen. Perhatian kepada dosen, postur duduk reaksi terhadap kebisingan samar serta perasaan responden selama mengikuti kuliah yang dapat diketahui dengan kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji Kruskal-Wallis untuk mengetahui tingkat homogenitas responden. uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan hasil perilaku sebelum dan sesudah dipasang musik dan uji korelasi untuk melihat hubungan antar perilaku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik secara signifikan dapat meningkatkan kondisi belajar optimal padamahasiswa

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: musik, kondisi belajar optimal
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:51
Last Modified: 06 Jul 2012 03:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item