Suzanne, Suzanne and Trisnawati, Juliani Dyah and Ernawati, Endang (2009) Studi Deskriptif Gambaran Kepuasan Wisatawan Surabaya Yang Pernah Melakukan Perjalanan Wisata Ke Bali Berdasarkan Metode Holiday Satisfaction. Bunga Rampai Penelitian Pariwisata di Jawa Timur. pp. 101-116. ISSN 2086-2229
Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif gambaran_Abstract_2009.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif gambaran_2009.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif gambaran_Reference_2009.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
Abstract
Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya. Bagi Provinsi Bali, peran pariwisata dalam pembangunan menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat ditandai dengan berkembangnya objek wisata baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Sebagai pusat industri pariwisata nasional, keberadaan daerah ini sudah sangat dikenal luas, tidak hanya oleh penduduk Indonesia tapi juga di kalangan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Penelitian deskriptif ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran kepuasan wisatawan Surabaya yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Bali berdasarkan metode Holiday Satisfaction. Metode ini dilakukan dengan membandingkan harapan dan persepsi wisatawan terhadap kategori-kategori dalam metode Holiday Satisfcation. Kategori-kategori tersebut meliputi kategori daerah tujuan wisata, toko souvenir & cinderamata, restoran, pusat seni dan budaya, transportasi, hotel dan sumber informasi bagi wisatawan. Variabelnya adalah variabel kepuasan wisatawan; sumber datanya adalah menggunakan kuesioner close ended question dengan alternatif jawaban berupa 7 skala jenjang, di mana 1 menunjukkan yang paling buruk dan 7 menunjukkan yang paling baik, yang berisi pernyataan-pernyataan dalam kategori Holiday Satisfaction. Karakteristik dari 300 responden yang merupakan wisatawan Surabaya yang melakukan perjalanan wisata tanpa menggunakan biro tour dan travel; dengan melakukan perjalanan wisata ke Bali minimal 2 kali minimal selama 4 hari dalam kurun waktu antara 2006 sampai 2008, serta mengetahui dan menikmati industri pariwisata (daerah tujuan wisata, toko souvenir & cinderamata, restoran, galeri seni, transportasi, hotel, dan nightlife) di Bali. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, cara pengambilan sampelnya adalah judgemental sample, aras pengukuran adalah interval, dan skala pengukuran adalah numerical scale. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat wisatawan puas dan tidak puas terhadap seluruh kategori dalam Holiday Satisfaction, selanjutnya dengan analisis kuadran diketahui kekuatan dan kelemahan dari masing-masing kategori. Untuk kelemahannya meliputi: (a) kebersihan udara, (b) keanekaragaman barang yang disediakan di toko souvenir & cinderamata, (c) kesesuaian selera wisatawan dengan makanan yang disediakan di restoran, (d) terjaminnya keamanan hotel, (e) kebersihan kamar hotel, (f) kebersihan makanan yang disediakan di hotel, (g) kemenarikan hiburan-hiburan yang disediakan di nightlife, dan (h) suasana yang tersedia di nightlife. Dari kelemahan ini diberikan rekomendasi perbaikan guna peningkatan kepuasan wisatawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourism, holiday satisfaction |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 05:26 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 02:09 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |